Aneka Sayuran

Sayuran yang jarang dijumpai atau juga yang rada2 asing buat kita, perlu juga kita kenali. Siapa tahu gak ada sayuran lain, yang ini bisa untuk alternatif.

Tuesday, February 07, 2006

Sayuran Lokal

Yang ada dipasar Abu Dhabi .

Menarik juga coba2 sayuran ditanah rantau, ada yang langsung lempar aja ke tong sampah karena waduh rasanya, ada yang eh ternyata enak juga ya ?
Sayuran hijau ini penting buat tubuh, kalau cuman mau ngandelin bayam ama kangkung aja mah selain mahal juga kadang gak ada, juga gak bervariasi.
Sayuran lokal dibawah ini, semuanya termasuk sayuran murah banget, kelasnya : 1 ikat cuman 1 dhs, malah ada yang jual 0.75 dhs saja, dimana kalau bayem bisa 2 dhs/ikat.
Kangkung juga agak murah disini, 1 dhs aja per ikat, tapi kadang sulit juga didapat. Sayang kalau gak dicoba, mumpung disini.
Kemangi kalau summer biasanya ada, namanya reyhan, tapi daunnya lebar2 dan lebih besar2, wanginya lebih tajam kemangi tanah air, tapi lumayanlah dari pada gak ada kemangi, reyhan juga lumayan bisa diandalkan....



Spinach/Bayem lokal ini memang gak mirip bayem Indonesia, tapi lebih mirip dengan bayem jepang yang namanya Horenzo, bisa ditumis dan bisa direbus aja buat pecel.( udah konfirm ini betul horenzo)


Palak ini rasanya pahitnya kayak sawi ijo kita tapi pahitnya gak mengerikan sih, masih pahit enak kategorinya, bisa di rebus aja untuk campuran mie rebus atau dimasukkan kedalam mie goreng atau juga untuk kulit luarnya buntil atau gadon.


Jar Jir atau Gar Gir, ini enaknya ditumis, dilalap juga masih enak kok, cuman nyucinya mesti super bersih karena banyak pasirnya. Jadi inget, waktu kami diundang kerumah teman yang orang lokal, disuguhin ini gar gir dengan humus dan keju putih makannya....enak, langu2 gimana gitu....
Rasanya gar gir ini mirip daun rocket/roquette/arugula, salah satu bahan seladanya orang western sono.


Ruwit. Nah yang ini selain ditumis bisa dimasukkan ke soto....soale kan umbinya lobak, jadi lobaknya bisa masuk sekalian.... Kalau dibikin cah polos, enaknya tuh renyah banget deh.


Ini sih banyak juga di Indonesia, namanya apa ya ? sawi manis ?, kalau disini dibilang pechai, kalau buat cap chay mending sawi ini gak pahit.


Info dari teman di Jepang : ( makasih banyak sobatku Lena, berharga sekali infomu, dia nih udah 9 tahun di Osaka, Jepang, mestinya ilmunya banyak tentang Jepang, tapi rendah hati sekali. Kami kenalan dari YM dan kok makin hari makin sehati rasanya, kadang curhat kadang tertawa bersama semuanya lewat YM, ah makasih sekali YM, karena fasilitas ini kami bisa ngobrol dengan siapapun dengan akrab seolah tanpa batas ruang gerak.... ).

katanya :
bayem lokal = horenso, palak=komatsuna, ruwit=kabu.
gar gir kayaknya nggak pernah lihat.
ruwit disini namanya kabu, aku suka bikin miso shiru atau soto Bandung,kadang umbi ruwit aku bikin salad.
horenso aku suka dimakan pake wijen pasta seperti sambel kacangnya gado2,
palak = komatsuna seringnya ditumis, dicampur ke nasi goreng, sering juga dicampurin ke kuah2,kadang palak direbus terus dikucurin larutan minyak salad,cuka, kecap dan gula.Kalo arugula aku biasanya untuk campuran salad, masukin ke soup atau tumis.

Nah ternyata sayuran disini kan gak aneh dimata dunia lain kan ? Berani nyoba ?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home