Aneka Sayuran

Sayuran yang jarang dijumpai atau juga yang rada2 asing buat kita, perlu juga kita kenali. Siapa tahu gak ada sayuran lain, yang ini bisa untuk alternatif.

Tuesday, January 31, 2006

Yang "cuman" ada di Pasar Cikini-Jakarta-Indonesia.

Gandaria

Yang rasanya kecut2 seger, seperti mangga muda.
Enaknya sih buat sambal, atau lalapan kalau kuat kecutnya.
Biasanya kalau dibikin sambal, dibelah dulu dikeluarkan bijinya yang berwarna ungu, nah itu biji rasanya pahit banget jadi sebaiknya gak termakan.

Kalau yang besar gini, kulit bijinya juga harus dikupas, karena keras betul, tapi urusan belah membelah agak ringan karena besar2.
Biasanya diiris agak tipis2 atau dibejeg aja diatas cobek.
Sambel terasi biasa atau juga sambel petis luamyan enaknya buat dipadu dengan gandaria.





Gandaria kecil ini, rasanya sih sama, asem juga tapi gak lebih asem dari yang besar, lain dengan mangga, makin kecil makin aduh mak asemnya.
Cuman kerjaannya rek, belahin satu2 untuk ngeluarin bijinya lumayan lama, gak dikeluarin bijinya ya ngurangin nikmat makan sambelnya, abis bijinya kan pahit....
Gandaria ini buah musiman kayak mangga juga, biasanya ada mulai bulan2 Oktober sampai January dan sudah mulai susah dicari dipasar2....






Nah ini khasnya Orang Sunda, Leunca, si pahit2 sedep, saudara jauhnya tekokak, tapi enakan leunca rasanya sih kalau untuk ulukutek, masakan oncom dengan leunca khasnya orang Bandung. Bisa juga disambel mentah, ya pahit2 gitu deh, tapi yang suka bisa jadi makan sebakul deh.



Labu siam mini ini juga seru buat lalapan, dicolek ke sambel wah bisa diet hancur deh, soalnya yang ini rasanya adem2 gimana gitu.....
Agak lebih manis daripada labu siam besar, dan lebih anyes rasanya.
Makanya kalau hari panas, makan si labu mini ini wah sedep deh....



Kalau jeruk limo ini, gak langka2 amat tapi yang gede2 gini yang agak susah dicari. Kalau kecil2 itu repot sama ngeluarin bijinya aja daripada dapetin airnya, dan kulit jeruk ini juga sedep dimasukkan kedalam masakan terutama yang pake akhiran saos saos mentega, kayak ayam saos mentega, udang saos mentega.....jadi laper ah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home